SINOPSIS

 

Problem kehidupan dari hari ke hari makin tampak rumit. Seperti benang kusut yang terus terbelit. Di masa yang serba sulit. kita perlu terus mencari solusi dengan terus menerus mencari ilmu meski hanya mendapatkannya dalam jumlah sedikit

Apakah setiap masalah tidak ada solusinya? Tentu tidak ada yang tidak, karena setiap apapun yang ada di dunia ini diciptakan Allah berpasangan. Ada siang dan malam, suami istri, laki perempuan, jauh dekat. Termasuk dalam setiap problem, pasti ada penyelesaiannya.

Kita boleh gagal, tapi harus cepat belajar dan cepat berkembang agar segera berubah lebih baik. Jika kita mengetahui masalah dan belum tahu cara menyelesaikannya. Itu pertanda bahwa kita harus segera belajar. Jangan justru sibuk menyalahkan orang lain maupun keadaan.

Di era perkembangan  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terus berubah dengan cepat, menuntut kita untuk segera beradaptasi dengan keadaan. Termasuk dalam belajar mencari solusi dari berbagai sumber baik secara offline maupun online. Siapa yang bisa belajar lebih cepat maka ia akan mengalami keunggulan dari manusia yang lain.

Ada satu pesan guru saya yang selalu saya ingat. Beliau pernah berujar, “Barangsiapa masalahnya lebih besar dari ilmunya, pasti ia akan stres. Namun, jika ilmunya lebih banyak dari masalahnya maka ia akan tenang dalam hidupnya”

Salah satu solusi yang dekat dan bisa dipelajari adalah Al Quran dan Hadits. Disitulah sumber inspirasi dan solusi atas masalah kehidupan manusia. Ibarat peta, keduanya menjadi petunjuk jalan agar tidak tersesat sampai tujuan.

Jika masalah kita besar, dan tak kunjung bertemu dengan solusi. Jangan-jangan kita salah mengambil peta. Tidak perlu khawatir, sebesar apapun masalahmu, masih ada Allah yang Maha Besar.

Betapa Allah dengan mudahnya mengendalikan dan memutar planet-planet yang sangat besar di alam raya ini dengan penuh keteraturan tiada batas. Apalagi hanya sekadar menyelesaikan masalah kita. Terlalu mudah bagiNya. Tinggal kita yakin atau tidak dengan solusi yang sudah ditawarkan.

Dalam buku ini akan dikupas beberapa contoh masalah dalam kehidupan sehari-hari yang diurai solusinya dengan solusi “jalan langit” yang “membumi”. Hingga akhirnya hadirlah buku perdana ini yang diberikan judul “1 PESAN 1 PERISTIWA”.

Buku ini sebagai kumpulan tulisan tentang kejadian peristiwa keseharian yang diambil pelajaran atau hikmah melalui perenungan ayat Alquran dan Hadits dalam setiap peristiwa dengan proses berpikir yang mudah dipahami. 

Semoga buku ini hadir menjadi bagian solusi atas semua permasalahan para pembaca yang budiman. Ingat, rumus solusi itu ada pada kunci mau belajar dan belajar lalu tidak pernah jenuh mempraktikkannya. Mudah bukan? Selamat mempraktikkan.


KESAN

DARI GURU DAN SAHABAT

 

Terasa sekali bahwa penulis sedang mengamalkan pesan Rasulullah, '....sampaikan walau hanya 1 ayat'. Melalui tulisan-tulisannya, penulis sedang mempraktikkan menjadi manusia yang banyak bermanfaat bagi sesamanya. Saya salah satu yang selalu tercerahkan. Semoga dapat saya panjangkan kebermanfaatan ini ke sebanyak-banyak orang di sekitar saya sehingga pahala yang mengalir untuk beliau...makin jauh sampai di yaumul hisab kelak. Aamiin Ya Rabb.

(Maryam Damayanti, Ibu 7 Putra, Dosen PGSD FIP UNESA)

 

Buku ini sangat menarik untuk dibaca, banyak ulasan dari kejadian sehari-hari yang kadang sering dilewatkan oleh orang lain tapi dapat dimaknai oleh penulis dengan sangat baik. Nukilan dari Al-qur’an, Hadis maupun kisah kisah inspiratif lainnya, dapat membuat pembaca yang sering lalai dalam pemaknaan hidup akan menjadi sadar dan termotivasi bahwa hidup ini sebenarnya penuh dengan makna. Dengan bahasa yang sederhana dan kadang juga menggelitik membuat pembaca betah untuk meneruskan membaca buku ini sampai tuntas.

Dalam buku ini juga bukan hanya pengalaman pribadi penulis, akan tetapi banyak juga pengalaman hidup orang lain yang juga dapat dimaknai dengan apik oleh penulis, sehingga menjadikan buku ini semakin menarik. Pemaknaan kehidupan nyata sehari-hari yang dihubungkan dengan ayat-ayat Al-Qur’an, Hadis, kisah para sahabat, maupun dari orang-orang bijak lainnya membuat buku ini dapat menjadi motivator bagi pembacanya. Semoga buku ini dapat menjadi amal jariyah bagi penulis dan bermanfaat bagi para pembacanya

(Moh. Saifullah Rochim, S.E., M.Pd, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo)

 

Setiap kita pasti punya pengalaman hidup. Tapi belum tentu setiap kita mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian, apalagi menuliskannya.

Apa yang dilakukan ustaz Abdullah Makhrus berbeda. Beliau tidak hanya menuliskan kembali pengalaman hidupnya, tapi juga mampu mengambil motivasi kuat yang terkandung di dalamnya. Apalagi motivasi itu beliau sandarkan pada dalil dari Al Qur'an dan Hadis, sehingga lebih menguatkan motivasi yang disampaikan, sekaligus menambah keimanan kita. Anda harus membacanya sendiri agar merasakan nikmat yang saya rasakan.

(Ir. Adi Sulastono, Human Capital Section of Shipping Business)

 

Masya Allah, buku ini gaya bahasanya ringan dan mengalir namun mendalam dan menggugah kesadaran sekali ketika membacanya. Sangat rekomended untuk dibaca karena apa yang ditulis bukan hanya berisi hikmah-hikmah kehidupan yang menginspirasi, namun juga mengandung ayat-ayat Al Qur'an yang insya Allah membimbing kita menjadi menjadi pribadi yangg lebih baik di mata Allah Sang Pencipta.

Tiga kata hal baik yang insya Allah bisa didapatkan dari buku ini untuk yang membacanya : bersemangat, produktif dan menjadi lebih saleh/salehah insya Allah.

(Irham Hadi Pratama, CEO Laksmi Muslimah)

 

1 Pesan 1 Peristiwa, sebuah judul buku yang menarik . Buku motivasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang saat ini sedang dalam kondisi Social Feague/ keletihan sosial. Buku apik yang dapat dijadikan referensi dalam menjalani hidup. Karena di dalam buku ini tidak hanya berisi tentang pengalaman hidup si penulis, tetapi juga sarat akan dakwah yang disampaikan dengan begitu renyahnya.

Penulis buku ini, dengan caranya sendiri, terus menggelorakan kebaikan melalui dakwah-dakwahnya, serta mampu menghipnotis pembaca melalui nasehat-nasehatnya. Tentu saja penulisan buku ini diharapkan menjadi virus kebaikan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Tidak hanya itu, mudah-mudahan seluruh pembaca dapat menemukan mutiara hikmah dan inspirasi dari buku ini dan ikut serta mengabadikan berbagai gagasan dan pengalaman ke dalam buku yang menyejarah, sebagaimana yang penulis lakukan. Dengan demikian gerakan berdakwah melalui tulisan akan semakin menggelora di segala penjuru. So, buku ini wajib dibaca.

(Farida Hanum M.Pd, Penulis 10 Judul Buku & Redaktur jurnal GTK Madrasah Kemenag RI)

 

Menjelajahi buku ini bagai berwisata kognisi dan emosi. Ada banyak butiran nilai kehidupan yang disuguhkan pada setiap lembarannya.  Semua menuntun kita untuk merefleksi diri, kemudian membelajarkan bagaimana seharusnya memosisikan sebagai hamba terpuji.

Direkam dari peristiwa sederhana yang sering ditemukan, dianalisis secara tajam berdasar filosofi kehidupan, dan dituangkan dalam gaya komunikasi yang mengalir ringan. Membaca buku ini membuat pikiran tercerahkan, manajemen kalbu tertuntun dan pada akhirnya mewarnai perilaku keseharian.

Sungguh merupakan warisan ilmu yang patut diapresiasi dan dikoleksi. Segera miliki dan nikmati. Salam literasi.

(Neny Arifah, M.Pd, Kepala SMPN 1 Buduran, Sidoarjo)

 

Membaca adalah satu kegiatan yang membosankan menurut saya, karena dari kebanyakan buku, kaya dengan ribuan rangkaian kata, miskin rasa dan makna. karena mungkin mata ini lebih hemat untuk mencari kesimpulan poin yang tersirat dari sebuah buku. Berbeda dengan ketika saya membaca buku ini, 1 pesan 1 peristiwa menyadarkan saya untuk memaknai setiap kata demi kata yang terangkai dalam setiap peristiwa, memaknai setiap helai kejadian tanpa melewatkan setiap episode kehidupan merasuk kedalamnya. Buku ini sangat menarik bagi pembaca yang dapat menginspirasi peristiwa yang terjadi disekitar kita, namun kadang kita lupa dengan semua makna hebat di dalamnya.

Semoga setiap orang dapat menjadikan buku ini sebagai salah satu sumber inspirasi, berusaha kembali sebagaimana manusia seutuhnya yang selalu ingatkan pada Sang Khaliq. Sukses saudaraku, tetaplah bersuara dengan daya kuat kata-kata karya literasimu.

(Teguh Abdillah, S.Pd, Kepala SD Muhammadiyah 1 Driyorejo-Gresik)




KATA PENGANTAR

 

                Menulis adalah sebuah keterampilan yang harus diasah terus menerus. Kemampuan menyerap hikmah ketika berinteraksi dengan banyak manusia akan menjadi ide menarik untuk ditulis yang bisa menjadi pengetahuan baru bagi para pembacanya. Interaksi tersebut bisa di dapat lewat pergaulan secara offline, online  atau dengan sering membaca buku. Menulis ini untuk membuat ilmu tetap terikat dalam diri kita, sebagaimana perkataan Imam Syafi’i “Ilmu itu bagai hasil panen/buruan di dalam karung, menulis adalah ikatannya”.   Ali ibn Abi Thalib juga pernah berkata, “Ikatlah ilmu dengan menulis”.

                Buku dengan judul 1 PESAN 1 PERISTIWA merupakan buku yang menarik untuk dibaca. Buku ini berisi pengalaman Pak Abdullah Makhrus ketika berinteraksi dengan orang-orang yang inspiratif atau membaca buku yang inspiratif atau pengalaman hidup Pak Makhrus.  Dengan membaca buku ini kita sudah mendapat ilmu tanpa harus repot bertemu orang-orang besar atau mengalami suatu pengalaman yang kadang belum tentu menyenangkan. Buku ini pun berisi proses perjalanan cara menulis Pak Abdullah Makhrus, sehingga bisa menemukan pola menulis yang seperti sekarang ini.

                Penulis banyak bertutur mengenai pengalaman pribadi, tulisannya seperti air mengalir yang membawa hanyut pembacanya.  Saya pun enggan untuk beranjak meninggalkan tempat duduk sebelum menyelesaikan membaca buku ini. Apalagi setiap tulisan selalu menyertakan dalil baik berupa ayat di dalam Al-Qur’an atau Hadis Nabi. Para pembaca akan menemukan beberapa judul  di buku yang ketika membaca isinya seperti mendengarkan petuah seorang guru yang mumpuni yang syarat dengan hikmah.  Di beberapa judul lain pada tulisan ini pun pembaca akan merasakan ada gaya tulisan yang berbeda dengan judul-judul yang lain, Itulah proses menemukan gaya penulisan.

                Seiring dengan cara berpikir Pak Makhrus yang menurut saya sudah mulai menerapkan cara berpikir suprarasional, tulisan-tulisan dalam buku ini membuat hati semakin cerdas.          Insya Allah buku ini akan memberi manfaat besar bagi orang-orang yang membacanya. Terutama bagi orang-orang yang ingin mencari hikmah hidup atau pesan dalam sebuah peristiwa.

 

Bogor, 6 juli 2021

 Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si.

Presdir Klinik Pendidikan MIPA  dan Ketua Jaringan Suprarasional


Bonus FREE Ebook:

1. Agar Murajaah Lebih Asyik

2. Nutrisi Penghafal al-Quran

3. Hafal Quran Itu Keren

4. Yakinlah-1

5. 19 Kaidah Menghafal al-Quran

6. Nulis Ngawur Jadi Buku

7. Resep-Resep Jurus Sehat Rasulullah (JSR)

8. DNA of Muslim

9. Ice Breaking Seru

10. MenghafalAl-Qur'andalam1000hari




Harga: ~79.000~

PRE ORDER: 59.000 (Selama Bulan Oktober)




Tertarik memesan buku ini? 

Untuk pemesanan buku 1 pesan 1 peristiwa bisa dilakukan

1. Melalui WA  Klik disini 

2. Melalui  shopee klik disini