Oleh: Abdullah Makhrus

 

Tahukah Anda, sebagian di antara kita mungkin ada yang belum memiliki atau belum pernah membuat blog. Mengapa? Bisa jadi karena belum mengetahui manfaatnya. Kini, ada baiknya Anda mengetahui manfaat jika memiliki blog atau website pribadi. Keuntungannya adalah... Yuk simak ulasan berikut ini.

 

*Pertama, berbagi ilmu pengetahuan, menabung jariah pahala.*

Semua kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki sebenarnya bisa Anda bagikan ke orang lain. Toh, ilmu itu tidak akan berkurang. Bahkan cenderung bertambahlah ilmu Anda jika dibagikan ke orang lain. Bukankah orang yang paling baik itu adalah orang yang paling  bermanfaat bagi orang lain? 

 

Selain itu ketika kita mau berbagi ilmu di blog itu akan menjadi mesin jariah pahala tersendiri. Karena itu menjadi bagian dari ilmu yang bermanfaat yang menjadi pahala investasi bagi kita. Sebagaimana pesan Rasulullah SAW:

 

“ Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shalih yangmendo’akannya ”

(HR. Muslim dan Ahmad).

 

Namun, tidak banyak tempat dan kesempatan yang bisa memfasilitasi Anda berbagi ilmu pengetahun. Maka menuliskan dan berbagi ilmu melalui blog atau website pribadi adalah solusi yang paling mudah dan tepat.

Dengan membuat blog, Anda bisa membagikan apapun pengetahuan yang Anda miliki Anda secara tepat sasaran menuju para pembaca yang tertarik dengan hal yang Anda tuliskan. Itulah satu diantara manfaat memiliki blog atau website.


*Kedua, membangun jaringan dan menambah jalan rezeki*

Membangun jejaring dan menambah kenalan bisa menambah jalannya rezeki. Tidak percaya?Nanti saya ulas di pembahasan berikutnya. Jika Anda memiliki keterbatasan untuk membuat jejaring secara offline karena keterbatasan ruang, waktu dan tenaga. Maka solusi dengan memiliki  blog atau website bisa mengatasi kesulitan Anda dengan mudah.

 

Anda bisa  mulai dengan menulis hal-hal bermanfaat dan menarik sesuai bidang keahlian yang Anda kuasai. Ketika para pembaca tertarik dengan tulisan Anda, mereka mungkin akan mengirimkan pesan atau komentar mengenai hal yang Anda tulis.

 

Selanjutnya, sangat mungkin mereka akan mengundang Anda untuk menjadi pembicara di satu acara yang sesuai dengan topik yang Anda tulis. Itu berarti jejaring Anda akan semakin luas dan menambah jalan rezeki Anda. Bukankah begitu?

 

Namun, jangan lupa sebelum mereka menuliskan komentar, Anda dapat menetapkan alamat email atau nomor telepon sebagai persyaratan penulisan komentar agar mendapatkan tambahan relasi melalui blog atau website Anda.

 

Bersambung… 


*)Abdullah Makhrus adalah, trainer menulis di kelasonlineku.com. Penulis buku berjudul "1 Pesan 1 Peristiwa" dan "Rahasia 15 Menit Membuat Blog dan Website Pribadi Bagi Pemula". www.abdullahmakhrus.com 

 

Ingin mewujudkan impian Kakak menjadi penulis dan menerbitkan buku dengan cepat?

Klik >>> kelasonlineku.com/menulis-buku