Oleh: Abdullah Makhrus



Ini adalah lanjutan artikel yang telah tayang sebelumnya  di artikel https://www.abdullahmakhrus.com/2023/08/mengapa-kita-perlu-memiliki-blog-atau.html. Dalam uraian berikut akan dijelaskan lanjutan dari menemukan tujuan dari mengapa kita harus membuat blog. Simak yuk..


3. Mengembangkan Bisnis

Blog atau website akan bisa membantu Anda untuk menjual produk dan mendapatkan lebih banyak calon pelanggan melalui promosi lewat blog atau website yang Anda buat. Tentu jangkauannya bukan hanya satu kota, namun seluruh dunia bisa melihat dan memesan produk Anda.

Memulai usaha atau bisnis tentu bukan perkara mudah. Anda memerlukan modal yang tidak sedikit untuk sekedar menyewa tempat yang layak. Karenanya, memiliki lapak online memalui website akan berbayar lebih murah dan lebih “ramah di kantong”.

Ketika nantinya pelanggan mulai berdatangan dari website Anda bisnis Anda semakin meluas. Pundi-pundi rezeki akan semakin berdatangan dengan sendirinya. 

Bahkan, ketika blog atau website Anda semakin ramai, Anda bisa memasang tarif apabila ada produk orang lain yang ingin diulas dalam blog atau website Anda. Anda bisa lihat di https://kelasonlineku.com.


3. Mengasah Kemampuan Menulis

Satu-satunya cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan banyak praktik menulis. Ini akan mengasah kemampuan menulis Anda. Menulis dalam blog berarti mencicil atau menabung tulisan. 


Kelak jika sudah banyak, Anda bisa mengumpulkan dan mencetaknya menjadi buku.  Anda dapat memulai dengan menulis artikel dalam topik tertentu secara rutin.


Kebiasaan inilah yang dilakukan oleh para blogger, mereka meluangkan waktunya dengan menulis rutin di blog. Semakin sering Anda menulis, semakin baik tulisan yang Anda hasilkan.

Kebiasaan ini oleh Raditya Dika, yang mengawali karirnya sebagai penulis dengan membuat sebuah blog. Begitupula para guru-guru penulis hebat selalu mendokumentasikan tulisannya di blog atau website seperti website milik guru saya Prof. Dr. Ngainun Naim dengan alamat spirit-literasi.id sebagai blog personal beliau

Portal beliau gunakan sebagai ruang diseminasi gagasan dan dokumentasi karya terutama berkaitan dengan dunia literasi.

Begitu pula ada website guru saya milik Bapak MUCH. KOIRI. Beliau dosen dan penulis buku dari FBS Universitas Negeri Surabaya (Unesa), trainer, editor, penggerak literasi. 

Beliau juga Alumnus International Writing Program di University of Iowa (1993) dan Summer Institute in American Studies di Chinese University of Hong Kong (1996) ini  trainer untuk berbagai pelatihan motivasi dan literasi. Tulisannya banyak tersebar di berbagai platform sosial media. Termasuk di website beliau di https://muchkhoiri.com. 

Termasuk guru literasi saya berikutnya seperti Bunda Daswatia di https://daswatia.com.  Anda bisa melihat begitu banyak tulisan yang terpampang di website beliau. 


Ada lagi blog Bu Kanjeng di http://www.srisugiastutipln.com/ yang begitu banyak tulisan mengalir bagai aliran air sungai yang berhenti di lautan karena saking banyaknya tulisan beliau.


Begitu pula blog milik bu Mien Sumintarsih beliau banyak menebar virus literasi karena semangat  ingin berbagi setiap hari kepada banyak kepala. Kepala-kepala itu adalah masa depan Indonesia. 


Beliau mengajar di SMP Al Irsyad Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah  Anda bisa melihat detailnya di http://miensumintarsih.blogspot.com. Sementara milik kawan saya bu  Nur Sjamsuarini Pudji, Pegiat Literasi Sidoarjo yang telah merbitkan puluhan karya di http://mtsn4sda.sch.id. 


    Termasuk blog pemilik Penerbit Kamila Press asal Lamongan di blognya https://cakinin.blogspot.com . Anda bisa membaca banyak sekali ragam tulisan yang sudah tayang di sana.

Sebenarnya, masih  ada banyak lagi blog milik kawan saya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.


4.  Membangun Kepercayaan dengan Membranding Diri

Branding diri bisa Anda kenalkan melalui blog atau website Anda. Orang akan mudah mengenali Anda ketika mereka seaching di internet. Jika kita sudah sering membuat tulisan maka orang lain akan mudah menemukan siapa diri Anda melalui ..


Bersambung


*)Abdullah Makhrus adalah, trainer menulis di kelasonlineku.com. Penulis buku berjudul "1 Pesan 1 Peristiwa" dan "Rahasia 15 Menit Membuat Blog dan Website Pribadi Bagi Pemula". www.abdullahmakhrus.com 

 

Ingin mewujudkan impian Kakak menjadi penulis dan menerbitkan buku dengan cepat?

Klik >>> https://kelasonlineku.com/menulis-buku/