Apakah mungkin bisa menulis buku cerita anak dalam waktu singkat atau cukup 1 jam saja? Sepertinya nampak agak mustahil, tapi perlu Anda coba. Itulah yang sekitar sebulan lalu saya praktikkan.

Berbekal sedikit ilmu menulis, saya mulai membuka laptop sejak pukul 21.00 WIB. Dengan kecepatan penuh, saya mainkan tarian jemari di atas tombol keyboard sambil sesekali melihat tanda waktu di pojok kanan bawah laptop.


Cukup ngos-ngosan juga sebenarnya karena harus dikejar deadline pengumpulan naskah pukul 23.59 WIB . Namun, Alhamdulillah akhirnya saya berhasil menyelesaikan menulis naskah buku cerita anak dalam waktu +/- 1 jam.

Setelah itu, saya kirim melalui link upload yang disediakan oleh panitia Balai Bahasa Jawa Timur. Setelah itu saya lupakan naskah yang sudah terkirim dan pasrahkan hasilnya pada Allah SWT.

Tanggal 8 Maret 2024, saya coba cek di Instagram Balai Bahasa Jawa Timur. Ada pengumuman peserta yang lolos naskahnya dengan dada gemetar. Lalu saya baca perlahan pengumumannya.

 



*_Selamat kepada para penulis yang lolos seleksi! Sambutan penulis di tahun 2024 ini sungguh sangat luar biasa. 730 naskah yang masuk membuat kami membutuhkan waktu lebih lama untuk menyeleksi naskah-naskah tersebut. Terima kasih setulusnya atas partisipasi semua penulis. Bagi mereka yang pada kesempatan kali ini masih belum lolos seleksi bisa tetap berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur lainnya. Semua ini demi masa depan tunas-tunas muda serta masyarakat di Jawa Timur dan bisa terwujud berkat partisipasi Bapak dan Ibu sekalian._*

 


Setelah saya baca secara runtut peserta yang lolos, ada 110 peserta yang lolos dari 730 naskah yang masuk. Alhamdulillah nama saya ada di urutan ke 6  diantara  110 peserta. Meskipun hanya mampu mengirimkan satu naskah cerita, namun saya bersyukur masih bisa lolos. Tahun lalu sebenarnya saya sudah mencoba, namun masih belum lulus. Alhamdulillah tahun ini bisa lolos besertra 109 peserta lainya.

 

Alhamdulillah, berbekal sedikit pengetahun. Kini sudah selesai 3 naskah buku cerita anak. Semoga segera menemukan ilustrator yang pas untuk merampungkan menjadi buku yang siap dibaca oleh kawan-kawan semua.

 

Nah, kini saya ingin Berbagi Praktik Baik pengetahuan seputar menulis buku cerita anak tadi kepada siapa saja yang tertarik untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Sekaligus saya ingin mengajak siapa pun yang benar-benar berminat belajar dan mau beramal.

 

Insyaallah belajarnya Jumat sore ini, 15 Maret 2024. Pukul 15.30-16.30 WIB.

 

Namun, eits. Mohon maaf. Saya hanya mengajak yang serius belajar saja. *Tanpa embel-embel tuntutan mendapatkan sertifikat.* Kalu mau sertifikat, bisa ikut di tempat lain saja ya😁

 

Bagi Bapak/ibu yang serius dan siap belajar. Silakan daftar saja ke sini:

 

https://forms.gle/wWawm5QKi9J5Yd2W7

 

Jangan lupa untuk bergabung di grup WA untuk mendapatkan informasi link zoom untuk belajar daring bersama dengan klik disini setelah mendaftarkan diri.

 

https://chat.whatsapp.com/I0EWtzKP9SbAD097o4Yqh6

 

See you….