إن من علامة قبول شهر رمضان أن تكون حال المسلم بعده أحسن من حاله قبل رمضان لأن الحسنة تدعو إلى الحسنة، والعمل الصالح يدعو إلى العمل الصالح

 

Di antara tanda diterimanya amal shalih di bulan Ramadhan adalah keadaan seorang muslim setelahnya menjadi lebih baik daripada sebelum Ramadhan, karena kebaikan akan mengajak kepada kebaikan (selanjutnya) dan amal shalih akan mengajak pada amal shalih lainnya.(Syaikh Shalih Al-Fauzan Hafidzahullah)

 

BANYAK sekali memori indah yang susah kita lupakan saat bersama Ramadan beberapa hari lalu. Salah satunya adalah memperbanyak ibadah sunnah.

 

Sebagaimana kebiasaan itu terbentuk, ia perlu dilatih dalam waktu yang lama. Lihatlah pesebakbola legendaris David Beckham dalam upaya melatih diri menjadi pemain sepak bola profesional.  

 

Sumber gambar :https://www.soccercoachweekly.net/drills-and-games/drills/free-kick-practice

David Beckham used to improve his free-kicks at Manchester United by firing the ball through a car tyre hanging from a goal. This fun activity will improve your players in the same way (soccercoachweekly.net).

 

Terjemahnya, David Beckham biasa meningkatkan tendangan bebasnya di Manchester United dengan menembakkan bola melalui ban mobil yang digantung di gawang. Aktivitas menyenangkan ini akan meningkatkan pemain Anda dengan cara yang sama.

 

Pertanyaannya, apakah dia hanya melakukan sekali atau dua kali latihan. Saya yakin jawabannya tidak. Ia pastilah telah melatih ratusan bahkan bisa jadi ribuan kali untuk bisa membuat dia bisa berhasil mencetak goal. Termasuk latihan memasukkan 3 bola ke tempat sampah dengan tepat(lihat video di atasa).


Lantas bagaimana cara kita agar bisa  menjaga menjaga amalan sunnah? Salah satu ibadah sunnah yang mungkin kita latihkan di Ramadan kemarin adalah salat dhuha. Ibadah ini sebenarnya ringan dan mudah karena hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja.

 

Ibadah ini ringan sekali, jika mau dibandingkan tentu akan jauh lebih berat latihan yang dilakukan David Beckham. Karena ia membutuhkan waktu yang lebih lama dan tentu ditambah dengan kekuatan fisik.

 

Namun, kalau tidak kita latih pasti ibadah ini akan terasa berat. Buktinya, tidak semua orang mau dan menyempatkan diri menjaga ibadah salat duha yang sesungguhnya amatlah ringan jika dikerjakan.

 

Kadangkala untuk melakukan hal itu, kita perlu mendapatkan dorongan motivasi eksternal jika motivasi internal tak kunjung hadir. Ini barangkali bisa menjadi triger pemantik kita agar tergerak melakukan ibadah sunnah yang mudah, murah meriah, tanpa mengeluarkan biaya.

 

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.” (HR. Muslim no. 2377)

 

Dr Hamid dalam bukunya "Rihlah al-Iman fi Jism al-Insan" (Wisata Iman dalam Tubuh Manusia) menyatakan bahwa jumlah keseluruhan persedian tulang manusia adalah 360 sebagaimana disebut dalam Hadis Nabi di atas. Ia merincikan sebagai berikut.

 

Sumber Gambar: Ilustrasi Sendi credit: commons.wikimedia.org

 Tulang Belakang yang meliputi 147 persendian:

- 25 sendi antara tulang-tulang belakang

- 72 sendi antara tulang-tulang belakang dan rusuk

- 50 sendi antara tulang-tulang belakang melalui tonjolan-tonjolan kecil samping.

 

Tulang Dada yang meliputi 24 persendian:

- 2 sendi antara tulang dada dan rongga dada

- 18 sendi antara tulang-tulang dada dan kepala

- 2 sendi antara tulang-tulang selangka dan belikat

- 2 sendi antara tulang-tulang belikat dan dada.

 

Tulang tubuh bagian atas mencakup 86 persendian:

- 2 sendi antara tulang-tulang bahu

- 6 sendi antara tulang-tulang siku

- 8 sendi antara tulang-tulang pergelangan tangan

- 70 sendi antara tulang-tulang tangan.

 

Tulang tubuh bagian bawah mencakup 90 persendian:

- 2 sendi paha

- 6 sendi antara tulang-tulang dua lutut

- 6 sendi antara tulang-tulang pergelangan kaki

- 74 sendi antara tulang-tulang telapak kaki

- 4 sendi antara tulang-tulang lutut.

 

Tulang tubuh bagian dalam mencakup 11 persendian:

- 4 sendi antara tulang-tulang ekor

- 6 sendi antara tulang-tulang pinggul

- 1 sendi pada sambungan tulang alat vital.

 

Jumlah seluruhnya 147 + 24 + 86 + 92 + 11 = 360 sendi(kalam.sindonews.com).

 

Tahukah Anda, setiap sendi tersebut sejatinya kita perlu sedekahi sebagaimana hadis Nabi SAW.

 

كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ، تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تََمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

 

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah ”. [HR. Bukhari dan Muslim]

 

 

(كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ) bermakna setiap hari diwajibkan bagi anggota tubuh kita untuk bersedekah. Yaitu diwajibkan bagi setiap persendian kita untuk bersedekah. Maka dalam setiap minggu berarti ada 360 x 7 = 2520 sedekah.

 

Sedekah sebanyak itu apakah itu hal yang berat? Kelihatannya ya, namun tentu lebih berat saat Anda merasakan syaraf terjepit di persendian, atau ketika salah satu sendi Anda bermasalah. 

 

Bahkan, operasi persendian salah satunya operasi penggantian lutut biayanya sangat mahal. Biayanya mulai Rp.5.965.818 RS Imanuel Way Halim Bandar Lampung hingga Rp.120.000.000 di RS Premier Surabaya( alodokter.com).

 

Sumber gambar: 

Operasi penggantian lutut (Total Knee Replacement – TKR) adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik).

 

Operasi penggantian lutut (Total Knee Replacement – TKR) adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuannya adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, agar pasien tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.

 

Sebagian besar tindakan TKR disebabkan oleh penyakit sendi yang disebut dengan osteoarthritis (OA), atau yang lebih dikenal oleh orang awam dengan istilah “pengapuran sendi”. Osteoarthritis adalah kondisi yang sering terjadi ketika sendi tulang rawan mulai menipis dan menyebabkan gesekan yang menimbulkan nyeri.

 

Penyakit ini ternyata banyak dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia dan Kementerian Kesehatan RI menyatakan prevalensi OA di Indonesia adalah sebesar 30 persen(yankes.kemkes.go.id)

 

Nabi telah mengajarkan dan memberikan solusi pengganti 360 sedekah dari persendian yang ada. Penggantinya adalah dengan mengerjakan shalat sunnah Dhuha sebanyak 2 raka’at.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

« يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى »

 

“Pada pagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Begitu juga amar ma’ruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim no. 1704)

 

Karena itu yuk sempatkan salat duha sebagai rasa syukur saat sendi kita bekerja dengan teratur. Agar kita tidak termasuk manusia kufur. Sudah salat duha hari ini?